Thursday, November 22, 2012

Hari Asyura 2012


Hari Asyura atau tanggal 10 Muharram 1434 H untuk tahun ini bertepatan dengan hari Sabtu tanggal 24 November 2012. Namun demikian, Puasa Asyura dilaksanakan mulai besok, Jumat tanggal 9 Muharram 1434 atau 23 November 2012.

Mengapa demikian?
Karena puasa Asyura paling afdhol dilakukan selama 3 hari, yaitu tanggal 9, 10 dan 11 Muharram. Jika tidak bisa 3 hari, berpuasalah dua hari pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Pilihan berikutnya adalah tanggal 10 dan 11. Kalau tidak bisa berpuasa dua hari, maka berpuasalah sehari di Hari Asyura tanggal 10 Muharram.



Beberapa alasan dan dalil yang menegaskan pentingnya puasa Asyura.
1. Puasa Asyura adalah puasa Muharram, dan puasa bulan Muharram termasuk puasa yang paling utama berdasarkan hadits:
“Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram. Dan sebaik-baiknya ibadah setelah ibadah wajib adalah shalat malam.” (HR Muslim)

2. Fadilah puasa hari Asyura luarrrrr biasa…
Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Asyura, maka beliau menjawab: “Menghapuskan dosa-dosa setahun yang telah lewat.” (HR. Muslim)
Tiga jenis orang yang doa mereka tidak akan ditolak adalah doa orang yang berpuasa sampai ia berbuka, doa pemimpin yang adil dan doa orang yang didzalimi (HR Ahmad)
3. Kesempatan emas setahun sekali
Tidak seperti puasa Senin Kamis, kesempatan puasa hari Asyura hanya setahun sekali! Dan besok adalah hari yang ditunggu-tunggu. Tahun depan kita belum tentu diberi kesempatan.


“Demi waktu. Sesungguhnya manusia dalam keadaan rugi. Kecuali yang beriman dan beramal shaleh, serta saling menasihati tentang kebenaran dan kesabaran. (QS Al Ashr: 1-3).


 (Sumber from www.promutu.com)

No comments:

Post a Comment