Hai..
today gw pengen curhat aja...
beberapa hari ini merasa seperti "i'm not in the right place" mungkin karena merasa disekitar lingkungan yang g "nyaman"
tadinya berpikir kenyamanan ini kita mesti ciptakan..kalau seandainya #workzone ini tempat kita belonging why should i felt uncomfortable ..
berpikir yg tidak nyaman ini adalah diri sendiri, so i search some paper about this, cari referensi tentang gimana cara supaya nyaman di area tempat kerja, oiya..kenapa mesti merasa gw yg harus mencari kenyamanan ini kan bisa resign atau gimana2... sedikit diceritakan kalo pekerjaan gw skrg bukan di area provit company or non government, tapi memang di government zone (Alhamudulillah...) jadi memang harus disadari sekali kalau di government ini kita yg mesti membuat pilihan utk "Kesehatan Mental Kita"
....
....
Sebenarnya menurut pandangan gw, kalau di area work zone kita nyaman, lingkungan kerja menyenangkan berdasarkan penelitian terbukti membuat karyawan/employe menjadi semangat bekerja, termotivasi, memiliki performa kerja yang baik, lebih produktif dan lebih bahagia. Akan tetapi untuk mebangun lingkungan kerja yang menyenangkan memang menjadi tantangan tersendiri, kalau di perusahaan provit ada HRD yang mati- matian berusaha membuat staf/karyawan dan para pekerjaa nya lebih bahagia, sejahtera karena tentu saja bisa meningkatkan provit bagi perusahaan.
Nah, sekarang bagaimana dengan government? para pekerjanya disuruh untuk melayani masyarakat tetapi ternyata mereka tidak terjamin kebahagian dan kesejateraan nya otomatis akhirnya yang dilayani (penerima manfaat) tidak merasakan "pelayanan" yang menjadi salah satu responsible si ASN ini.
"Budaya Apresiasi"
Siapa sih manusia yang g senang di apresiasi, terserah bentuk apresiasi ini bagaimana caranya. Ketika seorang pekerja mendapatkan apresiasi, otomatis segala usaha dan kerja keras yang telah dilakukan tidak sia - sia dan selain mendapatkan apresiasi pasti para pekerja juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi kerja untuk menjadi lebih baik lagi. Pertanyaannya, bagaimana di Government?
kalau di level ASN fungsional, kenaikan jabatan sesuai dengan Angka Kredit yang mereka cari selama masa tertentu, kalau di struktural secara otomatis selama 4 tahun, kenaikan pangkat ini lagsung dapat mereka rasakan. Akhirnya rekan - rekan yang bekerja di struktural hanya menanti kenaikan pangkat ini secara berkala/otomastis dalam waktu 4 tahun. Bentuk apresiasi juga mgkn ya...supaya g ribet ngurus2ya.
Pertanyaannya juga kalau diperusaahan yang memberikan apresiasi adalah HRD atau Manajer dan kepala Tim, bagaimana di Government? siapakah orangnya....membentuk budaya apresiasi di lingkungan kerja sangatlah memungkinkan dan bisa membuat lingkungan kerja menjadi lebih menyenangkan.
Apresiasi tidak harus berbentuk materi, mengirimkan ucapan terima kasih atas kerja keras yang telah dilakukan, memuji kesuksesan pekerjaan yang telah dilakukan, ini semua juga termasuk apresiasi.
Begitulah kira - kira hasil kutipan dari beberapa paper/tulisan tentang insecurity di tempat kerja yang gw alamin.. semoga kita bisa dijauhkan dari hal - hal yg membuat kesehatan mental kita terganggu ya..stay health people!
xoxo
No comments:
Post a Comment